Update Berita Terbaru 2020

Selasa, 07 April 2020

Penting! Begini Cara Mengetahui Keaslian Flashdisk Kingston


Flashdisk merupakan sebuah alat penyimpanan yang dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Kini produk flashdisk hadir dari beragam merek, salah satu yang terkenal adalah merek kingston. Hadir dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda, begini cara mengetahui keasliannya.

Kemasan

Jika dilihat sepintas dari segi kemasan flashdisk tak ditemui perbedaan yang mencolok, dapat dibilang sangat mirip. Yang kerap ditemui pembedanya adalah warna dan cetakan logo. pada kemasan kingston yang asli warna dan cetakan logo lebih tajam. Sedangkan kemasan pada produk flashdisk yang palsu warna dan cetakan logonya cenderung buram.

Pada kemasan produk flashdisk yang asli biasanya dilengkapi dengan logo orang menari  (Distributor by Micro Utama), di beberapa kemasan tertera logo kepala rajawali, (Distributor By antara Ingram / Micro utama) dan terdapat kemasan yang berlogo seperti kepala piala dunia kebakar (Distributor Revolutio).

Pada kemasan bagian belakang flashdisk yang asli terdapat stiker, sedangkan yang palsu tidak ada. Namun ada sebagian yang palsu juga ditempeli stiker tapi cenderung pemasangannya tidak beraturan. Sebaiknya Anda lebih teliti melihat bagian kemasan agar tidak mendapat flashdisk palsu.

Bentuk Kepala atau Ujung Port  Flashdisk

Pada bagian kepala atau ujung port flashdisk Anda dapat menemukan dengan jelas perbedaan antara produk asli dan palsu. Pada produk flashdisk yang asli terdapat tulisan di bagian kepala atau ujung port. Bentuk kepala atau port flashdisk yang asli cenderung lebih panjang. 

Sedangkan kondisi pada produk flashdisk yang palsu adalah sebaliknya. Bentuk kepala atau ujung port flashdisk yang palsu tidak ada tulisannya dan terlihat lebih pendek. Posisi sambungan plat pada port flashdisk yang palsu cenderung terbalik jika dibandingkan yang asli.

Pada ujung port flashdisk yang asli terdapat dua lubang di bawah matanya sedangkan yang palsu tidak. Warna mata produk flashdisk yang asli adalah hitam, berbeda dengan warna mata pada produk flashdisk yang palsu cenderung agak putih. Kepala atau ujung port pada flashdisk yang palsu apabila ditekan agak keras.

Komponen Dalam Flashdisk 

Jika Anda membongkar bagian dalam flashdisk pada komponen flashdisk asli terdapat IC, sedangkan yang palsu hanya berupa IC dari timah hitam. Integrated Circuit (IC) merupakan suatu komponen elektronik yang dibuat dari bahan semiconductor.

IC merupakan bagian untuk keperluan menyusun alat elektronik dengan ukuran yang relatif kecil yaitu berupa sebuah komponen gabungan dari beberapa komponen seperti resistor, kapasitor, dioda dan transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian berbentuk chip kecil.

Nama Drive dan Nama Device

Nama drive pada produk flashdisk yang asli adalah “Kingston”. Berbeda dengan produk yang palsu nama drive yang dituliskan adalah “Removable Drive”. Sedangkan nama device untuk produk yang asli adalah “Kingston  datatraveler 2.0” jika ditemui nama device selain yang tersebut ini berarti produk yang Anda peroleh palsu.

Harga

Saat ini semakin banyak beredar produk flashdisk palsu yang secara kasat mata dikemas serupa dengan tampilan produk flashdisk yang asli. Produk flashdisk yang palsu pastinya dibanderol dengan harga lebih murah hingga 3 kali lipat dari harga produk flashdisk yang asli.

Bagi Anda yang hendak membeli produk flashdisk sebaiknya ketahui harga pasaran produk asli terlebih dahulu guna menghindari mendapat produk flashdisk yang palsu. Dibalik harga produk flashdisk palsu yang lebih murah pastinya kualitas yang didapat juga murahan, kemungkinan risiko kehilangan data dapat terjadi sewaktu-waktu.

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih produk flashdisk dari kingston. Pada umumnya harga produk akan menunjukkan kualitas yang dibawanya. Dapatkan produk flashdisk asli dengan beragam kapasitas sesuai kebutuhan Anda hanya di blibli.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar