Update Berita Terbaru 2019

Sabtu, 30 November 2019

Asuransi Tidak Sesuai Prinsip Islam? Pilih Saja Asuransi Jenis Syariah!


Hidup sesuai syariat Allah tentu adalah tujuan semua umat muslim di dunia ini. Untuk memenuhi kebutuhan kaum muslim dan juga untuk tetap berada di jalan Allah SWT, maka kini perusahaan asuransi berlomba-lomba membuat asuransi syariah. Lalu, seperti apakah ciri-ciri dan penjelasan tentang jenis asuransi satu ini? Mari kita simak uraiannya berikut ini!

Ciri-Ciri Asuransi Bisa Dikatakan Syariah

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum memahami seperti apakah asuransi yang syariah. Lalu, apa saja ciri-ciri dari asuransi ini?

1. Tidak Mu’awadhoh

Asuransi dikatakan syariah jika ia tidak bersifat mu’awadhoh (akad bisnis), melainkan dengan tabarru’ atau mudhorobah. Dalam pandangan Islam, sebuah asuransi bisa dikatakan sah jika dibangun dengan dasar kepercayaan, kerja sama, dan juga tidak memikirkan keuntungan bisnis saja. Jadi, asuransi dalam Islam haruslah mengedepankan unsur saling tolong-menolong, bukan hubungan antara penjual dan pembeli saja.

2. Haram Ditarik Kembali

Lantaran menggunakan istilah tabarru’ alias sumbangan dalam akadnya, maka haram asuransi ditarik kembali karena hukumnya sama dengan hibah alias pemberian. Nah, untuk pengambilan tabungannya, maka harus dilakukan kesepakatan di awal terlebih dahulu.

Penyetoran uangnya pun juga diatur sedemikian rupa dengan niat yang benar-benar harus bersih dari riba. Singkat kata, nasabah menyetor uang harus dengan niat membantu menegakkan prinsip ukhuwah dengan tujuan dana yang tersebut dapat dipakai oleh mereka yang memerlukan. Jadi, di dalam prinsip asuransi ini, tidak diperbolehkan seseorang menyetor uang untuk tujuan mendapat dana ganti musibah.

3. Tidak Ada yang Berkuasa

Di dalam asuransi jenis ini, tidak ada yang lebih hebat, entah itu pemegang polis atau perusahaannya. Yang ada, kedua belah pihak selalu berdiskusi sebelum mengambil suatu keputusan.

Demikian uraian tentang ciri-ciri dari asuransi syariah. Bagi Anda yang masih mencari asuransi jenis ini, mendaftar saja di Allianz. Ada beragam jenis asuransi tipe syariah di perusahaan penyedia jasa satu ini. Mulai dari asuransi naik haji hingga asuransi perlindungan jiwa tipe syariah ada di sana.

Nah, tidak perlu ragu lagi. Segera saja miliki kesempatan menabung pahala dengan membantu orang lain melalui dana asuransi Allianz. Semoga uraian ini memberi Anda pencerahan!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar